Seniman Mesir Ramai-Ramai Tolak Keputusan Mursi

DETIK ISLAMI - NEWS MANCANEGARA
PARA seniman Mesir dikabarkan telah mengatur longmarch, yang akan dimulai dari gedung opera ke Tahrir Square pada Selasa (27/11) malam. Tujuannya adalah untuk mengutuk dan menolak penuh dekrit  yang dikeluarkan oleh Presiden Mesir Muhammad Mursi pekan kemarin.

Penolakan ini datang setelah dilangsungkannya Konferensi Umum yang digelar oleh tiga serikat seniman “analog, film dan musik” pada hari Senin (26/11) malam,di Gedung Opera Mesir.
Artis Ashraf Abdul Ghafoor, yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Perfilman Mesir, mengatakan bahwa Deklarasi Konstitusi adalah pelanggaran terhadap hukum.

“Bukan sebuah aib  bagi Presiden Muhammad Mursi untuk mencabut keputusannya ini demi negara, agar tidak sampai terperosok ke dalam jurang.  Presiden Gamal Abdel Nasser juga membatalkan keputusannya yang diambil pada tahun 1956, dan juga almarhum Presiden Anwar Sadat membatalkan keputusan lainnya pada tahun 1977,” jar Ghafoor.

Ghafoor juga memuji tindakan sutradara Jalal Sharqawi, yang pada waktu itu beliau menarik diri dari Majelis Konstituante Konstitusi, “dalam rangka untuk mempertahankan nilai seni dan kebebasan berekspresi, dan membawa Mesir kembali setelah itu menjadi mercusuar ilmu pengetahuan, seni dan peradaban,” ujarnya.

“Dekrit itu hanya untuk memberikan kekuasaan kepada presiden. Kami meminta kepada para gubernur segera menelepon Mursi untuk membatalkan langkah ini, dan menjunjung tinggi kepentingan Mesir,” tambah Ghafoor.
Share on Google Plus

About Tulisan Sederhana

Menulis untuk Detik Islami berbagi untuk sesama manusia, tulisan dari berbagai sumber
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar